Seandainya Seluruh Dunia Rayakan Nyepi?

Sebuah Khayalan Menjelang Petang AWAL mula postingan ini sejatinya tulisan status saya di Facebook. Saya membayangkan, bagaimana seandainya Hari Raya Nyepi yang selama ini dirayakan hanya di Bali saja, ternyata dirayakan di seluruh dunia. Kalau semuanya merayakan Nyepi, artinya seluruh aktivitas di berbagai belahan bumi stop selama 24 jam. Ketika sampai pada bayangan bahwa seluruh aktivitas di dunia ini bakal terhenti selama 24 jam, saya belum sempat berpikir berapa persen energi yang mungkin bisa dihemat. Berapa persen pula polusi yang bisa dikurangi. Dan, berapa persen juga penyakit jiwa yang bisa diredam. Soalnya, saya sendiri tidak punya gambaran jelas mengenai itu semua. Karena memang saya tidak punya data. Apalagi melakukan survei secara langsung. Tapi, kebiasaan mengkhayal yang sejak SD sudah biasa saya lakukan rupanya mendorong saya untuk merenung lebih dalam. Saya pun mengabaikan angka-angka dan langsung pada kesimpulan bahwa pasokan energi di bumi semakin langka. Sebara

Nginjak Bumi, Tradisi Unik Kampung Grembeng

DALAM sepuluh hari lagi, kalender islam akan memasuki bulan Rabiul Akhir. Meski demikian, peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW atau kerap disebut Maulid Nabi masih tetap berlangsung di Karangasem. Perayaannya masih bisa ditemukan di beberapa kampung Muslim di Karangasem dengan berbagai tradisi unik khas wilayah setempat.

Di Kampung Gerembeng Atas contohnya. Kemarin, Minggu (7/3), perayaan Maulud Nabi dilaksanakan dengan tradisi Ngurisang. Tradisi ini dilakukan dengan cara menguris rambut puluhan bayi di kampung setempat. Prosesi pemotongan rambut bayi tersebut diiringi dengan pembacaan Shalawat. Kalau dilihat sepintas, tradisi ini menunjukan adanya akulturasi Hindu dan Islam. Karena dalam pelaksanaannya banyak mempergunakan kembang dan air.

Tradisi ini sendiri terbagi dalam tiga tahapan. Setelah pemotongan rambut bayi, tradisi ini kemudian dilanjutkan dengan Mejurag atau melempar uang koin yang bercampur kembang. Mejurag ini dilakukan di halaman masjid dan diikuti oleh ratusan anak-anak. Mereka berusaha untuk mendapatkan uang koin pecahan Rp 500 atau Rp 1.000 yang dilempar tersebut.

Selanjutnya, tradisi ini kemudian disusul dengan upacara Nginjak Gumi. Pada tahapan ini, bayi yang telah dipotong rambutnya dimandikan dengan air kembang. Setelah itu, orang tuanya menuntun sang bayi untuk menginjakan kakinya ke atas sejumlah sarana yang ditempatkan di atas tanah.

"Kalau Ngurisang bermakna pembersihan. Sedangkan Nginjak Bumi maknanya agar si anak nanti bisa berdiri dan menjalani kehidupannya dengan mandiri tanpa ada kekurangan apapun," ujar Rohani, salah seorang ibu yang bayinya mengikuti proses tersebut.

Meski tahapan utama sudah selesai, tradisi yang berkembang di Kampung Grembeng tersebut ternyata belum usai. Di akhir acara, masih ada kegiatan pemotongan nasi Kebuli. Nasi berbahan beras ketan ini dicampur dengan ayam suwir dan lawar kelapa. Campuran tersebut kemudian dibentuk menjadi tumpengan besar.

Dan, seperti perayaan Maulid yang biasa ditemukan di Bali, pembagian nasi Kebuli ini disertai dengan pembagian telur hias kepada para undangan yang hadir. Sementara para anak-anak kemudian melanjutkan kegiatan dengan mengikuti panjat pinang.(rul)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menengok Klebutan Toya Masem (2-habis)

Seandainya Seluruh Dunia Rayakan Nyepi?

Menengok Klebutan Toya Masem (1)